5 MAKANAN YANG ENAKNYA POLL KHAS JAWA TENGAH

5 MAKANAN TER ENAK SE JAWA TENGAH

Makanan khas memang begitu menggoda untuk dicicipi kalau kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang afdol kalau udah tiba di suatu tempat tapi nggak nyobain makanan khas yang ada disana. Apa kata dunia ntar, udah dateng ke tempat yang jauh tapi belum pernah ngrasain makanan di sana.
Nah, kali ini tempat yang mau kita kunjungi ada di Jawa Tengah nih. Biar kamu tau apa aja makanan khas di sana, simak yuk beberapa makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Kalau udah tau, ntar cobain deh pas kamu dateng ke sana. Ngomong-ngomong soal Jawa Tengah, nggak cma Semarang aja lho. Jawa Tengah itu luas, jadi kita lihat aja yuk makanan yang jadi khas di sana.
Isi Artikel [show]

1. Lumpia Semarang

Lumpia dari Semarang
wikihow.com
Siapa sih yang nggak tau Semarang itu makanan khas-nya apa? Hampir semua orang kalau ditanya pasti jawabnya lumpia. Lumpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat lho. Apalagi kalau ditambah sama saus atau cabe rawit, waah, tambah menggoda aja tuh.
Lumpia mempunyai isi yang beragam, ada yang pakai ayam, rebung, telur, sayuran dan udang pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa buat cobain makanan yang satu ini ya.

2. Tahu Petis

Tahu Petis
restolomos.blogspot.com
Nah, kalau tadi lumpia sekarang ini makanan dari olahan tahu. Namanya tahu petis, masih makanan dari Semarang nih. Tahu petis biasanya buat camilan aja, atau kalau kamu mau makan nasi pakai makanan ini juga bisa lho.
Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tehu goreng tepatnya. Beda antara tahu ini dengan yang lain adalah adanya saus hitam yang namanya petis. Nah, petis ini terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

3. Telur Asin

Telur asin
nyobidodol.wordpress.com
Telur yang rasanya asin ya ini, telus asin. Makanan yang terbuat dari telur bebek ini terkenalnya dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakannya sama nasi, tapi ada juga lho yang makan langsung gitu aja nggak pakai nasi.

4. Tempe Mendoan

Tempe mendoan
triptrus.com
Kalau makanan yang satu ini terkenalnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto, itu lho yang bahasanya ngapak. Tempe Mendoan ini hampir sama kayak tempe goreng biasanya, diselimuti dengan tepung. Bedanya adalah nama mendoannya, mendoan sendiri artinya adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya nggak terlalu matang.
Sekarang tempe mendoang nggak cuma ada di daerah Banyumas dan Purwokerto saja lho. hampir di seluruh daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini. Bahkan di sebagian besar angkringan yang menjual gorengan pasti ada tempe mendoan. Sampai-sampai, sekarang tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

5. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting kacang
birohumas.jatengprov.go.id
Tau makanan yang diiklanin di tv yang namanya ting-ti*g nggak? Bukan Ayu Ting-ting lho, tapi ting-ti*g. Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk. Cuma kalau saya sh lebih milih enting-enting gepuknya.
Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah. Bahan dasarnya adalah kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapu sebelumnya udah dicampur sama gula jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah Indonesia).
Sumber klik disini

Komentar